You are currently viewing Pengalaman Juara Mengikuti Perlombaan Tingkat Nasional

Pengalaman Juara Mengikuti Perlombaan Tingkat Nasional

Mungkin kalimat ini cocok untuk menggambarkan tahun 2021 lalu ketika saya berkesempatan mengikuti perlombaan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional yang di selenggakan salah satu Universitas ternama di Indonesia yang bahkan menjadi salah satu mimpi saya untuk mendapatkan prestasi ketika berkuliah di Universitas Sumatera Utara yang menjadi kampus saya pada saat ini. Bukan hal yang mudah untuk unggul dari peserta/mahasiswa lain di tingkat nasional , tapi saya berusaha semaksimal mungkin dan bahkan mendapatkan juara 2 pada saat itu. Menghabiskan waktu setiap harinya di waktu senggang saya ketika berkuliah untuk berdiskusi karya yang akan kami buat terlebih lagi pada saat itu saya masih mahasiswa semester 1 yang mungkin belum banyak mengerti hal di dunia perkuiahan namun dengan satu tim dengan kakak tingkat saya yang bahkan berbeda fakultas dengan saya adalah pengalaman yang sangat berharga.


Semua itu memperluas wawasan juga networking antara kami sehingga kami menjadi lebih siap berkompetisi karena saling bertukar pikiran dengan memberikan ide usulan terbaik masing-masing. Kebetulan pada saat itu perlombaan yang diselenggarakan masih keadaan online. Yang memang kami tidak dapat dengan leluasa untuk berdiskusi namun dengan di dukungnya aplikasi seperti zoom dapat mempermudah kami untuk berdiskusi. Pada waktu itu kami memiliki kesempatan hanya 1 minggu untuk mengumpulkan karya. H-1 jam kami mengirimkan karya kami kepada panitia yang jujur proses untuk karya itu tidak lah mudah kami harus pergi observasi ke sekolah dasar yang menjadi implementasi karya kami kebetulan kami memberikan inovasi tentang aplikasi pendidikan untuk anak SD dan SMP lalu mendesain rancanagn aplikasi dan lain sebagainya yang mungkin juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit padahal kami hanya memiliki waktu 1 minggu pengerjaan.


Pengumuman Finalisasi untuk tahap selanjutnya yaitu presentasi pun tiba Syukur kepada Tuhan karya kami lolos untuk tahap presentasi persiapan kami pun semakin ketat di tambah lagi waktu mempersiapkan presentasi hanya lah 2 hari sudah termaksud dengan video,foto serta ppt yang akan kami tampilkan. Tepat pada hari presentasi lomba yang diadakan pukul 08.00 WIB pagi pada Pukul 05.00 WIB pagi kami latihan untuk presentasi tersebut yah waktu yang sangat singkat namun kami bertekat dan tetap semangat untuk tetap mengikuti perlombaan tersebut. Pada saat itu saya sudah cukup minder karena semua peserta/mahasiswa berasal dari universitas ternama juga dan inovasi yang mereka berikan luarbiasa bagusnya di tambah lagi hanya saya yang masih duduk di semester 1 Pada saat itu Namun saya tetap semangat ketika presentasi juga saya selalu memberikan senyuman dan ketegasan sebagai bukti bahwa saya percaya diri pada saat itu dan selesai perlombaan tiba saat nya pengumuman sangat bersyukur sekali ternyata kami meraih juara 2 pada lomba itu dengan inovasi yang berjudul PATEN yang digunakan sebagai aplikasi membantu siswa untuk menyelsaikan tugas sekolah. Ternyata benar pepatah mengatakan “ Usaha tidak pernah menghianati hasil”.