You are currently viewing Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Mempelajari Morforlogi dan Karakteristik Ruang Publik di Kota Medan.

Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Mempelajari Morforlogi dan Karakteristik Ruang Publik di Kota Medan.

  • Post author:
  • Post category:penelitian

Keberlangsungan perumahan formal yang layak huni menjadi tujuan utama dalam kerangka pembangunan perumahan formal di perkotaan. Tingkat daya hidup (livability) perumahan formal akan mempengaruhi nilai dan harga lahan perumahan. Menjaga tingkat daya hidup  ruang publik pada perumahan adalah salah satu penentu keberlangsungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses transformasi ruang public skala perumahan yang terjadi setelah melalui empat decade. Dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi transformasi tersebut.

Penelitian ini dilakukan oleh Dr. Ir. Dwira Nirfalini Aulia M.Sc. dan tim di Program Studi Arsitektur USU yang didanai oleh Hibah DRPM melalui skim Penelitian Dasar.

Publikasi:

Aulia, D.N., Suryani, L. The morphology and characteristics of livable public space in gated community settlement of Medan City, Indonesia. GeoJournal 87, 2835–2847 (2022). https://doi.org/10.1007/s10708-021-10406-5